Cara Menghitung RAB Rumah Yang Benar Beserta Contoh RAB Rumah Baitizania - JASA RENOVASI RUMAH - AHLINYA RENOVASI RUMAH

Sabtu, 05 Oktober 2019

Cara Menghitung RAB Rumah Yang Benar Beserta Contoh RAB Rumah Baitizania



Rencana Anggara Biaya (RAB) adalah suatu acuan atau rencana perhitungan rincian biaya yang diperlukan untuk setiap pekerjaan dalam proyek konstruksi, sehingga diperoleh estimasi biaya total yang diperlukan untuk menyelesaikan proyek tersebut.


Mungkin sebagian dari Anda belum tahu pentingnya membuat Rencana Anggaran Biaya (RAB) dalam proyek bangun atau renovasi rumah. Sebenarnya, tanpa membuat RAB pun, pekerjaan bangun atau renovasi rumah masih tetap bisa berjalan. Lalu, mengapa RAB masih dibutuhkan dan apa saja langkah-langkah yang harus dijalankan dalam pembuatan RAB?

Pentingnya Rencana Anggaran Biaya (RAB) Untuk Rumah


Estimasi Rancangan Anggaran Biaya (RAB) untuk Rumah memudahkan anda dalam merencanakan dan mengatur anggaran renovasi atau bangun rumah secara hemat dan cermat, akurasi dari sebuah perhitungan biaya renovasi rumah sangat diharapkan agar tidak terjadi over budgeting atau kekurangan biaya renovasi rumah.

Perlu dipahami bahwa biaya renovasi rumah itu berbeda dengan biaya bangun rumah, biaya renovasi rumah tidak bisa ditanya secara simpel dan sederhana seperti biaya bangun rumah, karena berbicara renovasi rumah berarti bicara kerusakan pada suatu bidang rumah yang ingin diperbaiki dan atau menambah ruang yang sebelumnya tidak ada pada suatu bangunan yang sudah berdiri.

Bicara kerusakan ada beberapa level kerusakan rumah, rusak ringan, rusak sedang, dan rusak berat, jika bicara sambung bangunan dari bangunan lama ke bangunan baru karena ada penambahan ruang bearti harus dilihat dulu sisi kekuatan bangunan lama, kondisinya, dan kerumitan metode pengerjaannya, jadi untuk mengetahui berapa biaya renovasi rumah permeter harus melewati tahap kunjungan lokasi terlebih dahulu, dilihat seluruh aspeknya, dihitung lalu terlihatlah biaya renovasi rumah real secara lengkap dalam hitungan RAB Renovasi Rumah.

Baca Juga : Jasa Renovasi Rumah Profesional Bergaransi Jakarta Bekasi Depok


5 Cara Menghitung RAB Rumah Yang Tepat

Menghitung Rencana Anggaran Biaya (RAB) sebenarnya susah-susah gampang. Dalam membuat Rencana Anggaran Biaya diperlukan ketelitian, sehingga tidak ada salah dalam perhitungannya.

Cara menghitung RAB rumah dibagi menjadi lima langkah. Berikut adalah penjelasan selengkapnya yang harus anda perhatikan dalam menghitung RAB.

1. Mempersiapkan Gambar Kerja

Gambar kerja yang dibuat oleh arsitek tidak hanya berguna untuk mengurus pembuatan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dan pembuatan Surat Perjanjian Kontrak Kerja (SPK), tetapi gambar kerja juga berguna untuk pembuatan RAB, seperti menentukan berbagai jenis pekerjaan, spesifikasi dan material bangunan yang digunakan. 

Gambar kerja inilah yang menjadi acuan dalam menentukan item-item pekerjaan yang akan dihitung dalam pembuatan RAB. Setelah itu, jangan lupa untuk mengecek harga material ke toko bangunan terdekat dan juga rate upah pekerja sesuai lokasi proyek Anda.

2. Menghitung Volume Pekerjaan

Langkah selanjutnya yaitu menghitung volume pekerjaan. Dengan cara menghitung banyaknya volume pekerjaan dalam ukuran satuan, seperti per m2, m3 atau per unit. kemudian volume pekerjaan dikalikan dengan harga satuan pekerjaan. sehingga diperoleh jumlah biaya pekerjaan.

3. Membuat dan Menentukan Harga Satuan Pekerjaan

Cara menghitung RAB rumah selanjutnya adalah dengan membuat harga satuan pekerjaan. Untuk format ini biasanya dipisah menjadi harga upah dan material.
Contohnya, harga satuan pekerjaan per tahun 2019 untuk pekerjaan pondasi adalah Rp 37.800 per m2 dan pekerjaan pemasangan sloof beton Rp 3.000.000 per m2. Yang harus diperhatikan perlu mengantisipasi adanya peningkatan harga apabila pekerjaan bangun atau renovasi rumah Anda belum dimulai.

4. Menghitung Jumlah Biaya Pekerjaan


Setelah volume dan harga satuan kerja sudah bisa didapatkan, maka langkah selanjutnya adalah dengan mengalikan volume dan harga satuan kerja. Sehingga akan diperoleh jumlah biaya dari masing-masing pekerjaan.

5. Rekapitulasi


Langkah membuat RAB yang terakhir yaitu membuat bagian rekapitulasi. Rekapitulasi merupakan jumlah total masing-masing sub pekerjaan, mulai dari pekerjaan persiapan, pekerjaan pondasi, pekerjaan beton dan lain sebagainya. Sub pekerjaan tersebut diuraikan lagi lebih rinci dan setiap pekerjaan ditotalkan sehingga diperoleh jumlah total biaya pekerjaan.

CONTOH RAB RENOVASI RUMAH BAITIZANIA


Biaya bangun rumah itu bisa ditanyakan secara global, karena belum ada bangunan sebelumnya, dan bangun rumah dimulai dari nol, bukan sambung antara bagian rumah satu dengan bagian lainnya, cukup jelaskan bahan bangunan yang ingin digunakan maka ketemulah biaya bangun rumah permeter.

Estimasi biaya bangun rumah tergantung dari bahan material bangunan yang ingin digunakan, biasanya biaya bangun rumah bahan material plus tenaga tukang berkisar diharga rata-rata Rp. 3.000.000 / m2, tentunya harga tersebut bisa lebih murah atau bisa sama dengan atau bahkan bisa lebih besar, kembali lagi tergantung bahan material yang ingin digunakan.

Sedangkan estimasi biaya renovasi rumah tidak bisa di kisar biaya permeternya, semua biaya akan dijabarkan setelah dilakukan kunjungan lokasi untuk melihat seluruh keadaan rumah yang akan direnovasi serta mengetahui bahan apa saja yang akan digunakan yang akan diuraikan pada RAB Renovasi Rumah lengkap, berikut adalah contoh RAB biaya renovasi rumah :



Bagi anda yang ingin menggunakan layanan jasa renovasi rumah Baitizania, silahkan hubungi kami via telepon atau anda dapat langsung mengisi pendaftaran secara online lewat form yang sudah disediakan pada website jasa renovasi rumah ini.